TANDA-TANDA DATANGNYA MASA MENSTRUASI OLEH SEHATQ.COM

Seorang wanita setiap bulannya tentu akan mengalami yang namanya menstruasi. Masa menstruasi ini muncul ketika seorang wanita memasuki masa pubertas, di usia 12 – 14 tahun. Menstruasi pada wanita akan berhenti jika sudah menopause, yakni di usia antara 44 – 45 tahun. Setiap wanita akan mengalami tanda-tanda yang berbeda saat akan memasuki masa menstruasi. Dimana tanda-tanda ini disebut sebagai PMS (premenstrual syndrome).

Di lansir dari website sehatq.com, berikut ini ada beberapa tanda menstruasi yang sering terjadi pada wanita:

  1. Nyeri atau Pembengkakan Payudara

Beberapa hari sebelum datangnya menstruasi, beberapa wanita mengeluhkan rasa nyeri di bagian payudara. Payudara yang tidak sengaja tersenggol meskipun tidak tertekan keras saja bisa menimbulkan rasa sakit. Jika anda merasa payudara sudah terasa nyeri, terutama di payudara bagian luar. Kemungkinan besar jika anda akan mendapati menstruasi nantinya.

  1. Migrain atau Sakit Kepala

Tanda lain akan datangnya masa menstruasi tidak hanya pada payudara yang semakin sensitif pada sentuhan. Tetapi juga bisa sakit kepala atau migrain alias sakit kepala sebelah. Sakit pada kepala ketika menjelang haid ini sendiri pun muncul secara alami. Kemungkinan besar jika rasa sakit pada kepala ini erat kaitannya dengan perubahan kadar esterogen yang ada di dalam tubuh. Yang mana perubahan kadar esterogen ini mengganggu hormon dalam otak.

  1. Meningkatnya Keinginan Untuk Makan (Food Craving)

Ada banyak wanita yang menyatakan jika dirinya memiliki napsu makan tinggi ketika akan datangnya masa haid. Bisa jadi malah mengalahkan rekor nyidam orang yang sedang hamil. Rasa lapar ini bahkan tanpa alasan dan datangnya pun tidak tahu waktu. Selain napsu makan yang meningkat, wanita yang akan mengalami haid juga mengalami retensi air alias merasa kehausan. Oleh karena itulah disarankan untuk memperbanyak minum air supaya tidak kekurangan cairan.

  1. Sakit Pada Bagian Tubuh Tertentu

Beberapa bagian tubuh tersebut adalah di bagian perut, punggung bawah, perut kembung, dan lainnya. Salah satu tanda yang banyak terjadi pada wanita sebelum haid adalah mengalami kram perut.

  1. Perubahan Mood Yang Tiba-Tiba

Sebelum haid datang, pastinya banyak wanita yang merasakan perubahan mood jungkir balik. Mulai yang awalnya masih tenang-tenang, selanjutnya bisa naik pitam karena masalah sepele. Sedetik merasa sedih, sekejap kemudian merasa bahagia. Bukan hal yang aneh sebenarnya. Karena memang kebanyakan wanita juga mengalami emosi tidak stabil ketika datang masa haid.

2 Cara Mengatasi Sindrom PMS Saat Akan Menstruasi

Untuk gejala-gejala diatas sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara dibawah ini.

  1. Menghindari makanan tertentu

Beberapa makanan bisa membuat perut kembung dan retensi air. Diantaranya seperti makanan asin, alkohol, kopi, dan lainnya. Jika dirasa perut sudah kembung maka bisa meminum teh mint, jahe, atau air panas. Makanan vegetarian bisa membantu mengurangi nyeri haid dan PMS.

  1. Berolahraga ringan

Karena tidak mungkin seseorang yang sedang kesakitan melakukan olahraga berat. Maka anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan atau yoga. Olahraga sendiri mampu melepaskan hormon endorfin, yakni penghilang rasa sakit alami. Ada sebuah studi yang menyatakan jika rutin mengikuti kelas yoga dua kali seminggu bisa mengurangi kram menstruasi. Selain itu latihan aerobik intensitas yang rendah selama 30 menit tiga hari seminggu, selama delapan minggu. Nyatanya juga bisa mengurangi rasa sakit karena kram menstruasi.

Demikianlah tanda-tanda menstruasi beserta cara untuk pencegahannya supaya tidak terlalu merasakan sakit sebelum haid datang. Untuk mengetahui informasi mengenai ragam penyakit lain bisa mengunjungi direktori penyakit yang ada di sehatq.com.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *